RECENTS-POSTS

1/random/post-list

Monday, September 7, 2020

HERBAPES (Rp.50.000)

 

HERBAPES

Tiap kapsul (250 mg) mengandung ekstrak :

  •  Andrographis paniculata folium 40 mg
  • Curcuma domestica rhizome 80 mg
  • Curcuma xanthorrhiza rhizome 70 mg
  • Nigella sativa semen  60 mg

KHASIAT & KEGUNAAN :

Membantu meredakan demam dan gejala tipes

EFEK FARMAKOLOGI :

1.    Andrographis paniculata folium extractum

Hasil uji sambiloto menunjukkan bahwa sambiloto berkhasiat sebagai antibakteri. Berdasarkan hasil percobaan diperoleh ekstrak sambiloto mempunyai aktivitas antibakteri terhadap Salmonella typhi ATCC 13311 dan Salmonella typhi hasil isolasi darah penderita tipes. Daun sambiloto juga dapat menurunkan demam tinggi. Sambiloto juga dapat merangsang daya fagositosis sel darah putih sehingga meningkatkan kekebalan tubuh. Agen immunostimulan ini yaitu andrografolid yang dapat meningkatkan limfosit dan interleukin-2. Andrografolid juga berkhasiat sebagai hepatoprotektor yaitu dapat melindungi hati dari zat beracun. Hasil uji sambiloto juga menunjukan bahwa sambiloto berkhasiat sebagai antifungi dan antiradang.

2.    Curcuma domestica rhizome extractum

Rimpang kunyit mengandung senyawa aktif kurkumin. Kurkumin bermanfaat sebagai antioksidan dan berfungsi sebagai penghilang rasa sakit karena kurkumin dapat menghambat aktivitas enzim  siklooksigenase-2 (COX-2). Dari hasil uji aktivitas antibakteri, ekstrak rimpang kunyit memiliki aktivitas antibakteri yang besar terhadap Salmonella thypi, bakteri penyebab tipes. Kunyit juga berkhasiat meredakan demam, berdasarkan percobaan Wahjoedi dkk. (2003) telah ditemukan bahwa kunyit dapat menurunkan suhu tubuh tikus yang telah didemamkan.

3.    Curcuma xanthorrhiza rhizome extractum    

Temulawak berkhasiat sebagai antiradang, antibakteri, memperbaiki pencernaan (efek gastroprotektor), melancarkan produksi empedu sehingga melancarkan pencernaan makanan di lambung. Kandungan xanthorrhizol pada temulawak memiliki aktivitas antibakteri. Xanthorrhizol memicu denaturasi protein sel bakteri  dan memaksa sehingga akan mengkerut dan mati. Ekstrak rimpang temulawak beraksi positif terhadap bakteri Salmonella sp, yaitu bakteri yang menyebabkan tipes.

4.    Nigella sativa semen extractum

Habbatussauda memiliki aktivitas terhadap imunitas dengan menguatkan sistem kekebalan tubuh, ekstrak biji jintan hitam dapat meningkatkan jumlah sel limfosit dan monosit. Selain itu jintan pun meningkatkan aktivitas fagositosis makrofag-salah satu sel imun. Habbatussauda juga berkhasiat sebagai anti bakteri dan memperbaiki saluran cerna.


ATURAN PAKAI :

3 kali sehari 1 - 2 kapsul

Perbanyak minum air putih hangat.

 

Botol, isi 30 kapsul

POM TR  133 371 631

Harga: Rp.50.000